Mengenal Lebih Dekat Diah Warih Anjari Sang Diwa Srikandi Solo, Kandidat Calon Wakil Walikota Solo

Teks: Diah Warih Anjari Ketua Umum Relawan Brigade 01 mendatangi panti Rehabiltasi Mental Jati Adulam Ministry di Kampung/Kelurahan Joyosuran, Kecamatan Pasar Kliwon, Solo, Jawa Tengah (30/12/2018). Foto: Brigade 01/Dok.

Solo – Diah Warih Anjari perempuan muda milenial berusia 39 tahun ini adalah sosok Srikandi Surakarta (red-Solo) yang memiliki talenta yang luar biasa. Selain sebagai pengusaha sukses di bidang konstruksi dan properti, Diah Warih (red-Diwa) sapaan akrabnya juga seorang dermawan, aktifis dan pegiat sosial.

Popularitasnya mulai diperhitungkan, setelah Diah Warih berkiprah di bidang politik. Yang diawali sebagai pendiri sekaligus Ketua Umum Relawan Brigade 01 pendukung Joko Widodo – KH Ma’ruf Amin  (Jokowi-Amin) saat Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 lalu.

Dengan yang pendekatan yang terus menerus untuk berkeliling kampung. Direktur CV. Diwa Kota Surakarta itu, dapat menggalang suara yang signifikan untuk memenangkan pasangan Jokowi-Amin 01 di Kota Solo saat Pilpres 2019 dengan meraih suara maksimal mencapai 82 persen. Hal itu salah satunya, tidak lepas atas peran dan kerja Diah Warih dalam melakukan berbagai aktifitas politik praktis di lapangan.

“Saya pengagum dan pendukung Pak Jokowi. Kepemimpinan beliau sudah teruji sejak menjadi Walikota Solo, Gubernur DKI dan Presiden periode pertama 2014-2019. Karena itu saya sebagai warga Solo, harus berjuang memenangkan Pak Jokowi di periode kedua ini,” ujar Diah Warih yang bangga bisa berjuang memenangkan Jokowi-Amin.

Perempuan berparas cantik berbalut hjab ini berasal dari Mertodranan, Pasar Kliwon, Kota Solo. Namanya semakin moncer dan dikenal banyak kalangan bukan berasal dari kalangan partai politik, namun karena aktifitasnya diberbagai bidang.

Selain sebagai pengusaha konstruksi dan property, Diah Warih aktif di bidang sosial, pendidikan, kemasyarakatan, dengan cara mendirikan Diwa Center. Yakni sebuah lembaga yang membidangi masalah sosial budaya, pendidikan, ekonomi dan kemasyarakatan sebagai kaum hawa.

“Saya senang beraktifitas sosial dan mengabdi pada masyarakat. Saya punua visi-misi ngin meningkatkan peran dan partisipasi bagi kaum perempuan dalam berbagai bidang,” terang Diah Warih yang memiliki kedekatan emosianal dengan Ibu-Ibu dan Perempuan Muda Milenial.

Langkah yang sudah ditempuh Diah Warih selama ini sudah menggandeng sejumlah organisasi masyarakat (ormas) perempuan di Kota Solo. Hal itu menjadi keinginanannya untuk memperjuangkan, meningkatkan peran dan partisipasi kaum perempuan diberbagai bidang, sebagaimana jargonnya.

Apa yang selama ini dilakukannya tersebut menjadi pusat perhatian berbagai pihak, sebab sosok srikandi asli Solo itu, setiap sepak terjangnya dapat mencuri perhatian masyarakat luas dan dapat merangkul semua pihak.

“Saya terus optimis dan penuh semangat untuk membangun Kota Solo lebih baik. Melalui Diwa Center saya turun ke masyarakat untuk mengabdikan diri pada sesama. Khususnya orang-orang tidak mampu, berkebutuhan khusus dan para manula,” ucapnya.

Memilih Jalur Politik Pilkada demi Mengabdi pada Warga Solo

Diah Warih Anjari, sangat yakin perjuangannya membantu sesama tidaklah cukup. Oleh karena itulah dirinya memilih jalur politik Pilkada untuk menjadi Wakil Walikota Solo 2020-2025.

Diah Warih kemudian, dengan dukungan banyak pihak, baik kolega, rekan dan sahabat-sahabatnya. Ia memantapkan diri dengan mendaftar sebagai bakal calon wakil wali kota (bacawawali) untuk Pilkada Solo ke markas DPD Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Jawa Tengah, Kamis (12/12/2019).

Kini, Diah pun siap naik ke level yang lebih atas. Pengusaha properti itu siap maju sebagai Cawawali Kota Solo mendamping Gibran Rakabuming Raka, yang merupakan putra sulung Jokowi.

“Saya tergerak untuk ikut ambil bagian dalam kontestasi Pilkada. Hari ini saya ambil formulir sebagai bakal calon wakil wali kota Solo,” kata Diah saat dijumpai wartawan seusai mengambil formulir di Panti Marhaen atau Kantor DPD PDIP Jateng, Kota Semarang, Rabu (11/12/2019) sore, kepada awak media.

Diah optimistis akan mendapat rekomendasi dari DPP PDIP. Ia bahkan berharap bisa disandingkan dengan Gibran yang rencana mendaftar sebagai Cawali Kota Solo melalui DPD PDIP Jateng, Kamis (12/12/2019).

“Kalau dipasangkan dengan siapa, kan itu sepenuhnya kita serahkan pada kebijakan partai. Kan partai (DPP PDIP) yang memberikan rekomendasi. Tapi, kalau boleh memilih inginnya ya dipasangkan dengan yang sama-sama muda,” ujar Diah.

Meski berlatar belakang pengusaha, Diah sebenarnya tidak nihil pengalaman dalam berpolitik. Ketua Umum Generasi Anak Bangsa (GAN) ini juga berpengalaman dalam menggalang massa dan blusukan untuk memenangkan Jokowi-Amin pada Pilpres 2019.

“Saya dan kandidat lainnya siap mengabdi, secara lahir batin dan moril maupun materil, apabila diberikan kesempatan. Insya Allah jika ditakdirkan sebagai calon wakil walikota, saya siap memenangkan pertarungan demokrasi ini, bersama calon walikota yang ditunjuk DPP PDIP,” pungkasnya. (red)

Penulis: Syafrudin Budiman SIP (Pemerhati Sosial Politik dan Media)

Post Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *